BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS »

Jumat, 16 April 2010

Japanese Food and Culture


Japanese Culture~ Kamikiri (The Art of Cutting Paper)

Saat masih kanak-kanak, siapapun pasti pernah membuat sebuah prakarya dengan menggunakan gunting kertas. Masih ingatkah bagaimana perasaan saat membuka lipatan kertas yang baru saja selesai digunting? Bila kini kita melakukannya kembali pastilah muncul sebuah rasa rindu atas permainan yang menyenangkan ini. Tentu kalian semua ingin merasakannya kembali bukan? Nah, mari kita mengenal lebih lanjut tentang seni menggunting kertas yang dalam Bahasa Jepang dikenal dengan istilah kamikiri.
Kamikiri, atau dikenal juga dengan sebutan kirigami, adalah sebuah variasi dari seni melipat kertas atau origami. Ada pula yang menyebutnya sebagai monkiri. Cara mrmbuatnya yaitu, kertas yang telah dilipat-lipat kemudian digunting untuk mendapatkan sebuah bentuk baru yang artistik. Tiruan benda yang biasanya dibuat dengan teknik kirigami adalah benda-benda yang simetris, seperti kepingan salju, pentagram dan bunga anggrek. Konon keahlian inipertama kali muncul pada abad 6 di Xin Jiang, China dan mulai menyebar ke Asia Timur lainnya pada sekitar abad 8 atau 9 masehi. Kemungkinan besar teknik kirigami ini dibawa masuk melalui orang-orang yang hilir mudik dari china ke Jepang untuk berdagang, ataupun melalui biksu Jepang yang mempelajari agama Budha di Cina.







Japanese Food~ Bento

Kamu yang ingin mendapatkan masakan yang lebih bersih, mengenyangkan dan hemat biasanya membawa makanan yang dibawa dari rumah bukan? Makanan tersebut kemudian dibungkus dengan wadah makanan yang biasanya disebut dengan "kotak bekal" atau "kotak makan". Orang Jepang juga punya kebiasaan untuk membawa makanan bekal dari rumah, dengan alasan-alasan yang sama. Bekal tersebut disebut Bento sedangkan wadahnya disebut bento bako. Saat ini bento lazim dibawa sebagai bekal ke sekolah, ke kantor, saat piknik, ataupun saat istimewa lainnya.

Jenis-jenis Bento:
1. Hinomaru Bento : Bento sederhana yang terdiri atas nasi putih dengan umeboshi (acar plum) diletakkan di tengah-tengah. Penampilan bento ini mengingatkan pada sosok bendera Jepang, sehingga disebut Hinomaru.
2. Noriben : Bento yang tak kalah sederhana dengan hinomaru bento. Berupa nasi yang ditutupi nori yang dicelupkan ke shouyu (kecap Jepang).

3. Sokuben : Kira-kira artinya bento ekspres,. Yang termasuk bento jenis ini adalah Ekiben, Soraben,dan Tamaben. Soraben adalah bento yang mulai dijual di bandara sejak tahun 2000, biasanya dimakan saat menunggu kedatangan pesawat atau saat penerbangan. Tamaben berarti bento yang dijual di Nagoya Dome, salah satu stadion baseball.
4. Sushizume : Bento yang diisi dengan sushi.
5. Maku no Uchi Bento : Bento klasik yang terdiri atas nasi dan umeboshi dengan lauk ikan salmon rebus, telur goreng,dll.
6. Charaben (ba
ca : kyaraben ) : Bento yang didekorasi sedemikian rupa sehingga berbentuk seperti orang, binatang, tokah anime-manga,dll.
7. Shoukadou Bento : Bento dalam kotak yang dalamnya terbagi empat.

0 komentar: