BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS »

Kamis, 15 Oktober 2009

Japanese Food and Culture

Japanese Food~ Oden...

Oden adalah masakan rebusan yang berasal dari Jepang. Secara umum masakan ini berupa rebusan air kaldu yang dibumbui dengan kecap ditambah dengan isian berupa lobak, chikuwa, konnyaku, telur rebus dan l
ain-lain. Masakan ini begitu populer, sehingga tahun 2007 lalu Japan Anniversary Association menetapkan tanggal 22 Februari sebagai hari Oden.

Variasi Oden...

1. Aomori : Di perfektur ini, oden biasanya disajikan dengan miso jahe. Kerang, jamur dan bola-bola daging ikan termasuk bahan makanan yang direbus bersama kaldu.
2. Shizuoka : Biasanya menggunakan kaldu daging sapi dan koikuchi shouyu (shouyu yang warnanya gelap). Saat akan disajikan, oden diberi taburan nori dan katsuobushi atau ikan kering.
3. Nagano : Oden-nya menggunakan kaldu dengan rasa shouyu. Bahan makanan yang lazimnya dimasukkan adalah tahu. Oden disajikan dengan saus yang terbuat dari shouyu yang dicampur dengan irisan daun bawang.
4. Toyama : Di perfektur ini terdapat makanan yang disebut Toyam
a Oden, yaitu oden yang dibuat dari kuah garam dan konbu / katsuobushi ditambah telur rebus, lobak, chikuwa panggang, tahu panggang, kamaboko, surimi,dll.
5. Hyogo : Di perfektur ini, oden disebut dengan Kanto ni (masakan rebusan dari
Kanto). Rasa kuahnya tak terlalu pekat dan disantap dengan membubuhkan shouyu jahe sebagai ganti cabe.
6. Kagawa : Di restoran udon, oden selalu ditawarkan sebagai kudapan sementara menunggu udon-nya siap. Di perfektur ini oden disantap dengan miso manis atau miso pedas.





0 komentar: